100% Pemohon Nyatakan Puas Dengan Pelayanan SKCK Polres Kendal

Polres Kendal – Polres Kendal Polda Jateng yang membidangi pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) mempunyai terobosan guna peningkatan pelayanan untuk publik yakni dengan menyediakan kotak Indeks Tingkat Kepuasan Masyarakat ( IKM ) yang terpasang tepat di pintu masuk ruang SKCK Sat Intelkam Polres Kendal.

Pada kotak IKM itu bertuliskan APAKAH ANDA PUAS DENGAN PELAYANAN KAMI? (SKCK Polres Kendal) … . Dan dalam kotak tersebut terbagi dalam tiga bilik yaitu untuk menyatakan SANGAT PUAS, PUAS, dan TIDAK PUAS.

Bintara Administrasi SKCK Bripka Rina Kurniawaty menjelaskan teknis dari program IKM ini. Ia menjelaskan bagi masyarakat pemohon SKCK yang sudah selesai melalui semua proses pembuatan SKCK diberikan sebuah kartu yang bertuliskan “BERIKAN PENILAIAN ANDA TERHADAP KAMI”. Kemudian pemohon SKCK tersebut bebas memberikan penilaiannya terhadap pelayanan yang diberikan,  apakah puas, tidak puas atau tidak memberikan penilaian dengan memasukkan kartu tadi ke dalam kotak yang telah disediakan. Penilaian dari masyarakat mencakup mulai dari kenyamanan di ruang tunggu, proses pengajuan SKCK nya dan pelayanan dari petugas SKCK sendiri.

“Masyarakat bebas memberikan penilaian dengan memasukkan kartu yang diberikan ke dalam kotak indeks tingkat kepuasan. Puas, tidak puas atau tidak memberikan penilaian dengan pelayanan yang diterimanya”, kata Rina.

Berdasarkan data terakhir rekapitulasi penilaian masyarakat terhadap pelayanan publik Sat Intelkam Bulan Mei Tahun 2018 diketahui ada 680 pemohon SKCK, 0 tidak puas dan 0 tidak memberikan penilaian. Dari data tersebut menunjukkan bahwa 100% masyarakat pemohon SKCK menyatakan puas dengan pelayanan yang mereka terima.

Sementara itu Kapolres Kendal AKBP Adiwijaya, S.I.K. melalui Kasat Intelkam AKP Suwarno mengatakan bahwa kotak indeks kepuasan masyarakat dibuat untuk mengukur indeks tingkat kepuasan masyarakat tentang pelayanan dari Polres Kendal khususnya dalam hal penerbitan SKCK.

“Dengan diketahuinya tingkat indeks kepuasan masyarakat akan dijadikan sebagai bahan analisa dan evaluasi untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat”, kata Kasat Intel.

Tidak hanya itu, AKP Suwarno juga menambahkan bahwa setiap 3 bulan sekali, pihaknya akan memberikan checklist tentang kepuasan pelayanan SKCK dari Polres Kendal kepada responden-responden yaitu para pemohon SKCK secara langsung.

Bagus Prakoso – Humas Polres Kendal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *