Sambut HUT Polairud ke-73, Polres Kendal Bagikan Sembako dan Tanam Pohon di Pantai Ngebum

Kendal – Rangkaian peringatan HUT Polairud ke-73, jajaran Polres Kendal menggelar aksi bersih-bersih pantai dan penanaman pohon di Pantai Ngebum Mororejo Kecamatan Kaliwungu, Senin 27 november 2023. Kapolres Kendal AKBP Feria Kurniawan mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini sebagai bagian dari program mageri segoro Polda Jawa Tengah. Selain penanaman pohon juga dilaksanakan aksi bersih-bersih pantai dalam rangka HUT Polairud ke-73 dan pembagian sembako kepada warga sekitar pantai Ngebum.

“Penanaman pohon ini sangat strategis untuk menjaga kelestarian lingkugan. Jajaran Polda Jawa Tengah sendiri sudah melaksanakan penanaman pohon serentak di wilayah Jawa Tengah dengan total 35.000 pohon. Ini upaya bersama mageri segoro dalam rangka memperbaiki ekosistem pesisir dan penanggulangan abrasi di pesisir Kendal,” terang kapolres.

Kawasan pesisir Kabupaten Kendal sendiri terbentang sepanjang lebih dari 42 kilometer. Kondisinya hampir sebagian besar rusak akibat abrasi baik dari gelombang laut atau dari kikisan air hujan yang terbawa aliran sungai dan bermuara di laut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aris Irwanto usai melakukan penanaman pohon bersama Forkompinda dalam rangka HUT Polairud ke 73 di Pantai Ngebum Kaliwungu mengatakan, revitalisasi dipesisir harus terus diupayakan. “Kalau data kerusakan masih kita lakukan pendataan karena abrasi tidak hanya akibat dari gelombang laut saja. Tetapi bisa dari air yang berbawa aliran sungai dan mengikis wilayah muara sungai,” ujarnya.

Dalam aksi penanaman pohon diikuti jajaran TNI dari Kodim 0715, BPBD Kendal dan TNI Angkatan Laut. Selain itu warga kurang mampu mendapatkan bantuan beras.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *